MEMBERSHIP Pendaftaran membership FC Barcelona Indonesia secara online, disini. Tanya-tanya bisa langsung melalui forum di sini.        Para pengunjung forum disarankan untuk tidak klik link-link yang tidak jelas di dalam forum ini. Sebab seringkali muncul spam di forum ini yang berisi iklan2 internasional. Resiko atas kelalaian yang disebabkan oleh pengunjung, bukanlah tanggung jawab FCBI dan pengurus forum.        Next Match - Final Copa Del Rey: FC Barcelona vs Alaves. Minggu, 28 Mei 2017 . Pukul 02.30 WIB        Last Match - La Liga :FC Barcelona 4 vs 2 Eibar. Pencetak Gol FCB: Junca D (own goal) 63', L Suarez 73', L Messi (p) 75' & 92'        Selamat atas terpilihnya kepengurusan baru FCBI 2016-18, semoga FCBI bisa lebih bermanfaat lagi kedepannya. Visca Barca y FCBI..!!!        Kritik, saran, dan keluhan dapat disalurkan melalui forum disini.
Current time: 30-05-2017, 0:09 Hello There, Guest! (LoginRegister)



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 2 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
TIKI-TAKA
11-06-2011, 10:43 (This post was last modified: 12-06-2011 8:58 by Boix.)
Post: #1
TIKI-TAKA
Welcome
Thread pertama aq nie,,,



Simak ya !!!Joget



Tiki Taka : Tiki-taka, kadang-kadang Tika-Taka, (biasanya dieja tiqui-taca dalam bahasa Spanyol; pengucapan Spanyol: [tiki taka]) adalah gaya bermain di sepak bola asosiasi, ditandai dengan melewatkan pendek dan gerakan, bekerja bola melalui berbagai saluran, dan mempertahankan kepemilikan. Gaya terutama terkait dengan klub La Liga FC Barcelona Flag dan tim nasional Spanyol di bawah manajer Luis Aragonés dan Vicente del Bosque.


ada video nya nie :: http://youtu.be/ZEoyNVHpp7
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-06-2011, 10:59
Post: #2
RE: Tiki-Taka
yg saya tau awalnya tiki taka tuh nama jenis mainan...bola yg ditali setelah itu dipantul2kan dan mengeluarkan bunyi tik tak... istilah gaya permainan tiki taka diambil dari mainan tersebut...jika bola tidak digerakkan makan tidak terjadi pergerakan dan tidak berbunyi tik tak,,begitupun dg permainan sepakbola tiki taka..jika pemain cuma diam maka bola tidak akan mengalir,karena permainan seperti ini mengandalkan One Touch dan penguasaan bola..

"Sometimes Bad Things Can Turn out Good" ~ Lionel Messi
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-06-2011, 12:03
Post: #3
RE: Tiki-Taka
Sebenarnya apa dan bagaimanakah tiki-taka itu? Secara sederhana dapat dikatakan bahwa tiki-taka adalah modifikasi dan pengembangan lebih lanjut dari filosofi sepakbola total football yang revolusioner. Semenjak era Johan Cruyff, total football memang menjadi filosofi permainan yang diusung oleh FC Barcelona, yang kemudian dimodifikasi oleh Pep Guardiola menjadi permainan tiki-taka (yang sebelumnya pernah juga diterapkan oleh pelatih timnas Spanyol, Luis Aragones pada Piala Dunia 2006, namun gagal). Untuk dapat memahami apa yang dimaksud dengan tiki-taka, maka kita harus terlebih dahulu tahu apa dan bagaimana total football itu karena total football adalah filosofi dasar dari permainan tiki-taka.

Total Football adalah suatu filosofi permainan yang revolusioner, yang membawa banyak perubahan, baik dari segi taktik maupun permainan pada era-era setelahnya. Filosofi ini pertama kali dikembangkan oleh Rinus Michel, pelatih berkebangsaan Belanda sewaktu melatih Ajax Amsterdam dengan membuat Ajax menjuarai Piala Champions 1971 dan membuat rekor kemenangan kandang 46-0-0 selama dua musim berturut-turut (1971/1972-1972/1973).

Filosofi dari total football adalah memberi kebebasan kepada pemain sehingga tidak ada pemain yang memiliki posisi tetap, yang memungkinkan pemain untuk keluar dari posisinya dan kemudian digantikan oleh pemain lain untuk menutup posisi yang ditinggalkan pemain tersebut. Penyerang dapat menjadi pemain bertahan dan pemain bertahan dapat menjadi penyerang sesuai dengan kondisi dan keadaan di lapangan. Satu-satunya pemain yang tidak berpindah posisi hanyalah penjaga gawang.

Total football ini sendiri merupakan pengejewantahan dari “psyche'' paling dasar warga Belanda dalam memahami kehidupan, demikian menurut David Winner-seorang penulis Inggris. Di dalam alam pikiran orang Belanda, luas atau sempitnya suatu ruangan hanya merupakan abstraksi yang terdapat di pikiran seseorang. Jadi, luas atau sempitnya suatu ruangan tergantung dari bagaimana kita memikirkannya. Misalnya, begitu pemain Belanda menguasai bola, maka mereka akan membuat lapangan menjadi seluas mungkin dengan cara membuka ruang ke setiap jengkal lapangan yang tersedia. Sewaktu lawan menguasai bola, ruang harus dibuat sesempit mungkin bagi pemain lawan. Pemain yang terdekat dengan pemain lawan yang menguasai bola dituntut untuk menutupnya secepat mungkin, tidak peduli apakah itu pemain bertahan atau bukan sehingga lawan jadi berpikir bahwa lapangan begitu sempit.

Menurut Winner, bangsa Belanda terkondisikan untuk menjadi bangsa yang spatial neurotic atau terobsesi dengan ruang atau pemanfaatannya. Hal ini disebabkan kondisi dari alam Belanda itu sendiri, di mana 50% tanahnya berada di bawah permukaan laut sehingga bangsa Belanda harus melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut, seperti melakukan reklamasi ataupun penataan kota yang diatur sedemikian rupa. Dengan demikian keterbatasan lahan tidak menjadi masalah.

Filosofi total football yang memanfaatkan ruang tersebut juga diadopsi oleh permainan tiki-taka. Lihat saja ketika Barcelona atau timnas Spanyol bermain. Para pemain bertahan. Mereka bisa berada di dalam daerah musuh (tengah lapangan) untuk membuat gerak pemain lawan menjadi terbatas, seolah-olah mereka seperti bertahan di daerah pertahanan lawan. Perbedaannya, tiki-taka sangat didominasi oleh umpan-umpan pendek, umpan satu-dua, dan penguasaan bola. Dibutuhkan kekompakan yang luar biasa dan kemampuan melakukan passing yang mumpuni agar tiki-taka bisa berjalan optimal.

Penguasaan bola menjadi faktor kunci dalam tiki-taka ini karena pada awal diperkenalkannya, tiki-taka bertujuan untuk memonopoli permainan dengan membuat bola tetap dalam penguasaan tim. Hal ini dikarenakan sewaktu tiki-taka mulai diperkenalkan pada Piala Dunia 2006, pemain timnas Spanyol memiliki kemampuan short passing yang baik tetapi juga postur tubuh yang relatif kecil. Apabila tim lawan, apalagi jika memiliki postur tubuh yang relatif lebih besar dan kuat, diberi kesempatan untuk memainkan bola akan menyulitkan pemain Spanyol untuk merebut kembali bola tersebut karena kalah faktor fisik.

Perbedaannya, tiki-taka tidak terlalu memberi kebebasan kepada pemainnya untuk bergerak bebas layaknya total football. Dalam tiki-taka pemain memiliki kecenderungan untuk tetap berada pada posisinya dan pergerakan pemain terbatas hanya untuk membuka ruang dan memperkecil jarak permainan lawan. Misalnya, kita tidak pernah melihat Lionel Messi berada di posisi yang diisi oleh Carles Puyol atau sebaliknya. Tiki-taka tidak terlalu mementingkan perubahan posisi secara tiba-tiba seperti layaknya total football. hehe Cheers

[Image: scaled.php?server=20&filename=205893...res=medium]
LIONEL ANDRES MESSI
la no dos, lluitant com un guerrer, portant a la victòria.
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 14:13
Post: #4
RE: TIKI-TAKA
Ini sudah jadi trend setter sepakbola modern, sudah seluruh dunia mengakui kehebatan tiki-taka, di plot aja deh diatas Smile
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 16:59
Post: #5
RE: TIKI-TAKA
selain FCB, club mana aja ni yang permainannya gaya tiki-taka??

Visca Barca Visca FCBI
Regional Yogya..IstimewaAA

@fajarzhasyim
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 18:04
Post: #6
RE: TIKI-TAKA
Arsenal sebenernya bisa dibilang menerapkan gaya tiki-taka cm mnurut ane para pemainnya msh kurang sabar aja , buktinya di perdelapan final leg 1 ucl arsenal bisa ngalahin barca dengan permainan menyerang mereka dan passing2nya tapi di second leg mereka harus ngakuin Tiki Taka yg sebenernya milik EL-Barca .. Flag Flag

Dan Pep jg pernah bilang klo gaya bermain ala Barca ini jg bisa dikembangin di Italia , cm ane blm pernah ngeliat sh..
Mringis Mringis
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 18:40
Post: #7
RE: TIKI-TAKA
(29-06-2011 16:59)fajarz_hasyim Wrote:  selain FCB, club mana aja ni yang permainannya gaya tiki-taka??

Arsenal, Timnas Spanyol

“Sometimes something bad can turn to be good” -Lionel Messi-
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 18:52
Post: #8
RE: TIKI-TAKA
persipura tiki-taka ga tuh permainannya??? hahaha
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
29-06-2011, 19:16
Post: #9
RE: TIKI-TAKA
club Indonesia susah mempraktekan tiki-taka, lapangannya gak rata jadi arah bola gak karuan . .

No

"Thats the beauty of Football, Sometimes you Laugh sometimes you Cry." -Pep Guardiola
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-07-2011, 10:04
Post: #10
RE: TIKI-TAKA
(29-06-2011 18:52)sulthan Wrote:  persipura tiki-taka ga tuh permainannya??? hahaha

Lama2 saya perhatikan juga Persipura, lini depan mereka mampu peragakan tiki-taka Smile
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 




Forum Jump: